Ujoh Bilang, 20 September 2023 — Pada tanggal 20 September 2023, Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur mengunjungi Ujoh Bilang, Kabupaten Mahakam Ulu untuk melakukan Pemantauan Pelaksanaan Evaluasi Pelindungan Bahasa Daerah dengan Mitra Kerja dalam rangka Revitalisasi Bahasa Daerah, khususnya bahasa Kenyah. Tim Perwakilan Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur terdiri atas Halimi Hadibrata, Muhammad Erwin Darma, Ali Kusno, dan Rinaldy Finandar.

Tim pemantaun menyaksikan pelaksanaan Festival Tunas Bahasa Ibu yang diselenggarakan di SD Negeri 5 Batu Majang dan SMP Negeri 4 Long Bagun. Pada dua sekolah tersebut para siswa menampilkan hasil latihan yang telah dilakukan sebagai persiapan Festival Bahasa Daerah.

Pelaksanaan Festival Tunas Bahasa Ibu di SMP Negeri 4 Long Bagun berlangsung semarak. Acara dibuka dengan penampilan beberapa tarian Kenyah yang dibawakan oleh siswa. Adapun siswa SMP Negeri 4 Long Bagun menampilkan pembacaan puisi, pidato, dan komedi tunggal dengan menggunakan bahasa Kenyah.

Dalam sambutannya, perwakilan Kepala SMP Negeri 4 Long Bagun menyampaikan terima kasih atas kunjungan tim Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur. Selain itu, beliau menyampaikan bahwa SMP Negeri 4 Long Bagun telah menerapkan muatan lokal bahasa Kenyah dan bahasa Bahau. Adapun tenaga pengajarnya ialah guru yang merupakan penutur asli dan menguasai bahasa Kenyah dan Bahau.

Tidak kalah meriah, Festival Tunas Bahasa Ibu di SD Negeri 5 Batu Majang juga berlangsung semarak. Festival dibuka dengan penampilan tarian dari siswa. Selanjutnya, siswa SD Negeri 5 Batu Majang menampilkan dongeng, pidato, dan puisi berbahasa Kenyah. Kepala SD Negeri 5 Batu Majang dalam sambutannya menuturkan ucapan terima kasih dan apresiasi karena dengan kegiatan revitalisasi, siswa semangat untuk belajar bahasa daerah. Kegiatan sangat bermanfaat dalam upaya pelestarian bahasa daerah yang mulai ditinggalkan generasi muda.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur, Halimi Hadibrata, dalam sambutan pada Festival Tunas Bahasa Ibu yang diadakan di dua sekolah tersebut menyampaikan, “Kami sangat berterima kasih atas penampilan luar biasa para siswa. Saya berharap kalian terus berlatih. Semoga kalian dapat mewakili Kaltim untuk mengikuti Festival Tunas Bahasa Ibu di tingkat nasional. Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak Ibu yang begitu semangat melatih siswa. Kami berpesan agar muatan lokal bahasa daerah yang sudah dijalankan dapat terus dikembangkan. Kantor Bahasa Provinsi Kaltim siap memberikan dukungan, baik penyiapan kamus bahasa daerah, bahan ajar, maupun SDM.” (ak)